Peka : Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi FKIP UIR Pekanbaru
Vol. 7 No. 1 (2019): Juni

ANALISIS KESULITAN BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK PERBANKAN RIAU KOTA PEKANBARU

Bella Juliah (Unknown)
Sukarni Sukarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi pada materi jurnal khusus, buku besar pembantu dan ayat jurnal penyesuaian di perusahaan dagang pada siswa kelas X Akuntansi SMK Perbankan Riau Kota Pekanbaru. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Perbankan Riau Kota Pekanbaru sejumlah 142 orang siswa, dengan teknik sampling atau sampel jenuh. Instrument pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes atau soal-soal ujian. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 14.0 dan microsoft excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 4 (empat) dimensi kesulitan belajar siswa mata pelajaran Akuntansi. Keempat dimensi tersebut adalah: (1) Fakta berkontribusi terhadap kesulitan belajar sebesar 2,2% atau 0,022. (2) Konsep berkontribusi terhadap kesulitan belajar sebesar 19,59% atau 0,1959. (3) Prinsip berkontribusi terhadap kesulitan belajar sebesar 1,75% atau 0,0175. (4) Prosedur berkontribusi terhadap kesulitan belajar sebesar 7,69% atau 0,0769. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa konsep dan prinsip menyumbang kesulitan belajar yang paling dominan. Oleh karena itu, bagi peneliti selanjutnya agar dapat memperluas penelitian dengan meneliti masing-masing dimensi kesulitan belajar secara terpisah, seperti dimensi fakta, konsep, prinsip dan prosedur agar penelitian ini bisa terus berkembang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Peka

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Peka bertujuan untuk menggali dan menerbitkan tulisan tentang isu-isu terkini terkait dengan pengajaran dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi baik pada tingkat sekolah menengah dan pendidikan ...