Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi pada materi jurnal khusus, buku besar pembantu dan ayat jurnal penyesuaian di perusahaan dagang pada siswa kelas X Akuntansi SMK Perbankan Riau Kota Pekanbaru. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Perbankan Riau Kota Pekanbaru sejumlah 142 orang siswa, dengan teknik sampling atau sampel jenuh. Instrument pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes atau soal-soal ujian. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 14.0 dan microsoft excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 4 (empat) dimensi kesulitan belajar siswa mata pelajaran Akuntansi. Keempat dimensi tersebut adalah: (1) Fakta berkontribusi terhadap kesulitan belajar sebesar 2,2% atau 0,022. (2) Konsep berkontribusi terhadap kesulitan belajar sebesar 19,59% atau 0,1959. (3) Prinsip berkontribusi terhadap kesulitan belajar sebesar 1,75% atau 0,0175. (4) Prosedur berkontribusi terhadap kesulitan belajar sebesar 7,69% atau 0,0769. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa konsep dan prinsip menyumbang kesulitan belajar yang paling dominan. Oleh karena itu, bagi peneliti selanjutnya agar dapat memperluas penelitian dengan meneliti masing-masing dimensi kesulitan belajar secara terpisah, seperti dimensi fakta, konsep, prinsip dan prosedur agar penelitian ini bisa terus berkembang.
Copyrights © 2019