Jurnal Dimensi Seni Rupa dan Desain
Vol. 18 No. 2 (2022)

REPRESENTASI NILAI BUDAYA DALAM IKLAN TELEVISI SIRUP MARJAN ‘PURBASARI DAN LUTUNG KASARUNG’ 2020

Nabila Kholifatu Mufida (Universitas Trisakti)
Menul Teguh Riyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Iklan sirup marjan telah melakukan salah satu upaya untuk mengangkat kearifkan lokal menjadi sebuah kreativitas, yang mendekonstruksi cerita rakyat sebagai daya tarik emosional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai budaya yang direpresentasikan di dalam iklan, serta bagaimana sisi kreativitas ini bisa menjadi salah satu hal yang menarik untuk dijadikan sebuah ide. Data dikumpulkan melalui observasi dan studi literatur. Metode yang digunakan ialah kualitatif deskriptif yang ditopang oleh teori John Fiske. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya representasi budaya yang terkandung dalam iklan tersebut. Melalui kode-kode televisi John Fiske, dapat disimpulkan bahwa adanya nilai luhur budaya bangsa yakni seperti kebaikan, kebersamaan, serta kebijaksanaan yang pantas untuk dijadikan pelajaran dalam kehidupan melalui aspek penampilan, lingkungan, dialog, dan karakter.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dimensi

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Dimensi Seni Rupa dan Desain diterbitkan oleh Fakultas seni Rupa dan Desain. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu Februari dan September. Jurnal Dimensi Seni Rupa dan Desain merupakan jurnal bidang seni dan desain yang terbilang aktif sejak pertama kali diterbitkan dari tahun ...