PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat
Vol 1 No 2 (2021)

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA

Topan Iskandar (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2021

Abstract

Kurangnya skil tenaga kependidikan dan pendidik UIN-SU baik dalam bidang pendidikan maupun pelayanan yang masih kurang memuaskan. Memunculkan urgensi pelaksanaan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) secara konsisten dengan berbagai metode dan pelaksanaan penegembangan agar menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengungkapkan dan mengkaji metode pengembangan SDM UIN-SU, mengungkapkan dan mengkaji pelaksanaan pengembangan SDM UIN-SU, mengungkapkan dan mengkaji serta mendiskripsikan hasil pengembangan SDM UIN-SU. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan datanya dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data temuan peneliti dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, teknik triangulasi sumber, teori, metode, dan ketekunan pengamatan, adapun informan penelitian ialah tenaga kependidikan dan tenaga pendidik UIN-SU.Hasil Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa adanya program pengembangan SDM di UIN-SU dengan menggunakan metode studi lanjut dan pelatihan untuk tenaga kependidikan dan tenaga pendidik. Dalam proses pelaksanaan pengembangan SDM, UIN-SU melaksanakan pelatihan-pelatihan yang efektif, baik untuk tenaga kependidikan maupun tenaga pendidik. Hal ini dapat dibuktikan selama pelaksanaan tersebut seluruh peserta yang mengikuti pelatihan sesuai dengan bidangnya masing-masing, kehadiran peserta yang ikut antusias dalam pelaksanaan pelatihan tersebut, jumlah peserta yang tidak terlalu banyak dalam setiap pelatihan akan semakin efektif dalam melaksanakan pelatihan. Hasil dari pengembangan SDM UIN-SU semakin meningkat yakni dari kinerja dan kedisiplinan tenaga kependidikan maupun tenaga pendidik, dan semakin berkembangnya skil maupun pengetahuan mereka.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pendalas

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat (ISSN: Proses; E-ISSN:2807-7334) adalah jurnal yang menerbitkan hasil-hasil penelitian bidang pendidikan umum maupun pendidikan keagamaan, sosial budaya, sosial keagamaan, sosial ekonomi, dan hasil riset penelitian kebijakan ...