Linggau Journal Science Education (LJSE)
Vol. 2 No. 3 (2022): Linggau Journal Science Education

PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD BERBASIS KONTEKSTUAL LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 83 LUBUKLINGGAU

Yanti, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pengembangan media flash card berbasis kontekstual learning pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN 83 Lubuklinggau dan menghasilkan media flash card berbasis kontekstual learning pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN 83 Lubuklinggau yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan 4-D. Berdasarkan hasil analisis penelitian oleh ketiga ahli yaitu: validasi bahasa 0,76, validasi materi 0,86, dan validasi media 0,62 menunjukan bahwa media flash card berbasis kontekstual learning memenuhi kriteria kevalidan. Sedangkan nilai yang menunjukan kepraktisan siswa memenuhi kriteria kepraktisan dengan presentase 98%, dan nilai yang menunjukan keefektifan memenuhi kriteria keefektifan 0,6 dengan rata-rata presentase ketuntasan 85% tuntas, sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini telah menghasilkan media flash card berbasis kontekstual learning yang telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPS Sekolah Dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ljse

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Linggau Journal Science Education (LJSE) is an open education online journal that can be visited by friends from various institutions. Linggau Journal Science Education (LJSE) is an intermediary for publishing the results of scientific research in a wider environment. The development of the research ...