TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial
Vol 1, No 01 (2022): Vol. 01 No. 01 2022 (Maret)

INTEGRASI NILAI NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP-IT AL-MA’ARIF PEKANBARU

Rahman, Sakilah (Unknown)
Ismail, Ismail (Unknown)
Kurniawan, Rudi (Unknown)
Fitriyani, Ida (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam mengintegrasikan  nilai nasionalisme dalam pembelajaran IPS; dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif naturalistik. Sabjeknya guru dan siswa. Objeknya integrasi nilai nasionalisme dan pembelajaran IPS. Adapun pengumpulan datanya dengan pengamatan, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Teknik analisis data terdiri dari analisis domain, analisis taksonomi, dan analisis komponen, dan analisis tema. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data bahwa guru dalam mempersiapkan pembelajaran sudah mengacu pada kurikulum 2013. Guru telah berupaya untuk mengintegrasikan nilai nasionalisme pada siswa secara implisit tergambar dalam analisis materi pelajaran, program pembelajaran, dan rencana pembelajaran, pada proses pembelajaranpun sudah terlaksana dengan baik, walaupun pola pembelajaran hanya bersifat konvensional, Pengintegrasian nilai nasionalisme dalam pembelajaran kurang terlaksana dengan baik karena dipengaruhi beberapa faktor diantaranya kompetensi personal dan sosial guru, rendahnya motivasi belajar siswa, pembelajaran monoton, penerapan metode yang sederhana, dan penggunaan media pembelajaran yang belum efektif, keterbatasan waktu, rendahnya pemahaman siswa, kurangnya wawasan guru tentang nasionalisme, kurangnya pelatihan dan pembinaan, serta kurangnya referensi buku tentang nasionalisme.Kata Kunci: integrasi, nilai nasionalisme, dan pembelajaran IPS

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

TsN

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

The Tsaqifa Nusantara is an open-accessed journal served as a medium of publishing scientific articles by Department of Tadris IPS, Faculty of Education and Teacher Training UIN Sultan Syarif Kasim Riau. The articles, which are published by this journal are the outcomes of researches and the ...