Media Riset Bisnis & Manajemen
Vol. 20 No. 1 (2020): Media Riset Bisnis & Manajemen

Perbandingan Faktor yang Memengaruhi Keputusan Investor Muda dalam Berinvestasi Konvensional atau Syariah di Kota Makassar

Rahmawati Muin (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Abdurrahman Mansyur (Unknown)
Murtiadi Awaluddin (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Muhammad Akil Rahman (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2020

Abstract

Tujuan- Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi factor inheren pembentuk beragam keputusan investasi dalam pemilihan saham berbasis konvensional atau Syariah.Desain/Metodologi/Pendekatan- Dengan menggunakan metode kuantitatif, artikel ini menggunakan metode confirmatory factor analysis (CFA) pada dua kelompok sampel pemuda yaitu 56 orang pemilih saham konvensional, dan 54 saham Syariah.Hasil Penelitian- Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi investor muda saham konvensional adalah Setup Value, diikuti oleh Return Attractiveness, dan Added Value, sedangkan untuk investor saham syariah dipengaruhi oleh faktor Spirituality, diikuti oleh Setup Value, Sharia Attractiveness, dan Return Attractiveness. Implikasi dari penelitian ini adalah faktor Spirituality dan Sharia Attractiveness sebagai faktor pembeda antara investor saham konvensional dan syariah dalam memutuskan untuk berinvestasi.Keterbaruan/Nilai- Penelitian ini menginvestigasi respon dari para investor muda, dan menjadi factor unik karena jumlah mereka, khususnya mahasiswa/i relatif kecil. Penelitian ini juga mengungkap proses pembentukan respon pemilihan saham baik konvensional maupun islami dalam kelompok investasi tertentu.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mrbm

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Media Riset Bisnis & Manajemen is a research media that is published based on OJS. MRBM is a research media owned by the Trisakti University Faculty of Economics and Business. MRBM was first published in 2001. In 2008 MRBM was once nationally accredited. The focus and scope of this research media ...