Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Vol 5 No 1 (2020)

PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KEMBALI

Anim, Albina (Unknown)
Indiani, Ni Luh Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2020

Abstract

Di tengah persaingan kedai kopi yang semakin intens ditandai dengan pertumbuhan jumlah kedai kopi yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, upaya ekstra perlu dilakukan untuk memahami kebutuhan dan keinginan konsumen. Pemahaman yang lebih baik terhadap aspek tersebut dapat menjadi rujukan dalam menyusun strategi pemasaran untuk meningkatkan pembelian kembali oleh konsumen. Hal tersebut menjadi latar belakang penelitian ini untuk menganalisis faktor yang mendorong keputusan pembelian kembali. Penelitian ini melakukan studi kasus di Start Up Coffee Denpasar. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung ke Start Up Coffee. Teknis analisis regresi linear berganda digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menemukan bahwa promosi dan kualitas layanan mampu secara signifikan mendorong minat beli kembali. Untuk mendorong pembelian kembali, promosi perlu diintensifkan dengan memberikan diskon yang menarik, memberikan member card dengan berbagai reward menarik, menawarkan produk dengan harga kompetitif, menawarkan promosi silang dengan produk lain, serta menawarkan berbagai undian dengan hadiah menarik. Minat beli kembali juga dipengaruhi oleh kualitas layanan yang dapat ditingkatkan dengan cara memastikan penampilan karyawan rapi, memberikan layanan yang professional, memberikan layanan yang cepat dan tanggap, karyawan memahami dengan baik tentang berbagai produk yang ditawarkan, serta karyawan mampu berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini diterbitkan dengan maksud utama mendiseminasi artikel ilmiah baik berupa hasil penelitian maupun telaah literatur (setara dengan hasil penelitian) dibidang manajemen, bisnis, pemasaran dan ilmu ekonomi. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis menerima artikel (yang tidak dipublikasikan dalam ...