Wibawa : Jurnal Manajemen Pendidikan
Vol 1 No 1 (2021): Wibawa Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa di SMPN 17 Dumai

Novi Yanti (Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Dalam proses pembelajaran Kinerja guru yang baik diharapkan mampu meningkatkan kualitas pengetahuan siswa, terutama dalam hasil belajar pai siswa, dan keberhasilan dalam menimba sumber informasi dalam perpustakaan jugadapat mempengaruhi hasil belajar siswa Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian bertempat di SMPN 17 Dumai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang beragama islam di SMPN 17 Dumai. Dengan jumlah 129 siswa. Jumlah sampel diambil dari seluruh populasi beragama islam yang berjumlah 129 Siswa. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 129 siswa. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji lineritas. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah tekhnik regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah membuktikan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan kinerja guru terhadap hasil belajar pai siswa di smpn 17 dumai model regresi y = 65,127 + -0,229 (x1) + 1,443 (x2) Dari model di atas dapat dijelaskan bahwa hasil belajar ditentukan oleh pemanfaatan perpustakaan dan kinerja guru. Untuk variabel pemanfaatan perpustakaan sekolahmemberikan pengaruh yang negatif -0,229 % dan nilai sig nya 0,766 > 0,05 maka tidak signifikan terhadap variabel hasil belajar. Dan kinerja guru memberikan pengaruh sebesar positif 44,3% terhadap hasil belajar dan sig nya 0,000 < 0,05 terhadap hasil belajar.Ditemukan sebesar 68,5 % sementara pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan kinerja guru berdistribusi terhadap hasil belajar pai siswa diperoleh sebesar 47,0%. Hasil belajar pai siswa dikatakan sebesar 53,0% dipegaruhi oleh suasana belajar, kemampuan guru dalam mengevaluasi pmbelajaran, media pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

wib

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Wibawa: ISSN: 2798-3005 (p); 2622-9722 (e); 2798-3005, Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam merupakan terbitan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai. Jurnal Wibawa akan meningkatkan frekuensi penerbitan sebanyak 2 edisi dalam satu volume, Tim editor ...