Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya terdapat pengaruh metode pembelajaran Index Card Match terhadap kemampuan memahami soal cerita matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan non-equivalent control group design. Penelitian dilakukan dengan melakukan pengamatan dan memberikan pretest-posttest berupa 16 butir soal pilihan ganda pada siswa kelas IV SDN Rambutan 02. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode pembelajaran Index Card Match berpengaruh terhadap kemampuan memahami soal cerita matematika yang dimana siswa menjadi lebih mudah menyelesaikan soal cerita matematika khususnya pada materi bangun datar. Selain itu siswa juga berperan aktif dalam pembelajaran sehingga suasana pembelajaran menjadi menyenangkan. Hal tersebut didukung pada pengujian hipotesis menggunakan uji- t memperoleh thitung > ttabel yaitu 3,925 > 2,001 dan nilai signifikan < 0,05 sebesar 0,000 < 0,005 sehingga H1 diterima yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pemahaman soal cerita matematika.
Copyrights © 2022