Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 3 (2022): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022

Pengaruh Metode Pembelajaran Index Card Match Terhadap Kemampuan Mehamami Soal Cerita Matematika Siswa Kelas IV SDN Rambutan 02

Devi Permatasari (Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka)
Mubarak Ahmad (Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya terdapat pengaruh metode pembelajaran Index Card Match terhadap kemampuan memahami soal cerita matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan non-equivalent control group design. Penelitian dilakukan dengan melakukan pengamatan dan memberikan pretest-posttest berupa 16 butir soal pilihan ganda pada siswa kelas IV SDN Rambutan 02. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode pembelajaran Index Card Match berpengaruh terhadap kemampuan memahami soal cerita matematika yang dimana siswa menjadi lebih mudah menyelesaikan soal cerita matematika khususnya pada materi bangun datar. Selain itu siswa juga berperan aktif dalam pembelajaran sehingga suasana pembelajaran menjadi menyenangkan. Hal tersebut didukung pada pengujian hipotesis menggunakan uji- t memperoleh thitung > ttabel yaitu 3,925 > 2,001 dan nilai signifikan < 0,05 sebesar 0,000 < 0,005 sehingga H1 diterima yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pemahaman soal cerita matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...