Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 3 (2022): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model PJBL Berbantuan Marcomedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Nurawadita Sakinah (Universitas Negeri Medan)
Bornok Sinaga (Universtas Negeri Medan)
Mariani Mariani (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2022

Abstract

Pemecahan masalah merupakan proses mental tingkat tinggi dan memerlukan proses berpikir yang lebih kompleks. Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan kognitif tingkat tinggi yang memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan. Namun kenyataan di lapangan berbanding terbalik dengan teori-teori tersebut. Ketika siswa sedang menyelesaikan soal pemecahan masalah siswa masih sulit memahami inti soal dengan baik, kurang bisa memahami perihal yang ditanyakan dalam soal, masih kesulitan dalam menuliskan yang diketahui dan ditanyakan saat menyelesaikan soal, tidak teliti dalam mengerjakan operasi hitung dan tidak menuliskan kesimpulan dari permasalahan tersebut Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perangkat pembelajaran berbasis PjBL berbantuan macromedia flash yang valid, praktis dan efektif (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan penerapan perangkat pembelajaran berbasis PjBL berbantuan macromedia flash yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Thiagarajan. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Medan tahun ajaran 2021/2022, objek dalam peneltian ini adalah perangkat pembelajaran berbasis model berbasis model PjBL berbantuan macromedia flash. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Perangkat pembelajaran berbasis model PjBL berbantuan macromedia flash yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif; (2) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah dibelajarkan dengan perangkat pembelajaran berbasis model PjBL berbantuan macromedia flash yang dikembangkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...