Pemecahan masalah merupakan proses mental tingkat tinggi dan memerlukan proses berpikir yang lebih kompleks. Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan kognitif tingkat tinggi yang memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan. Namun kenyataan di lapangan berbanding terbalik dengan teori-teori tersebut. Ketika siswa sedang menyelesaikan soal pemecahan masalah siswa masih sulit memahami inti soal dengan baik, kurang bisa memahami perihal yang ditanyakan dalam soal, masih kesulitan dalam menuliskan yang diketahui dan ditanyakan saat menyelesaikan soal, tidak teliti dalam mengerjakan operasi hitung dan tidak menuliskan kesimpulan dari permasalahan tersebut Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perangkat pembelajaran berbasis PjBL berbantuan macromedia flash yang valid, praktis dan efektif (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan penerapan perangkat pembelajaran berbasis PjBL berbantuan macromedia flash yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Thiagarajan. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Medan tahun ajaran 2021/2022, objek dalam peneltian ini adalah perangkat pembelajaran berbasis model berbasis model PjBL berbantuan macromedia flash. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Perangkat pembelajaran berbasis model PjBL berbantuan macromedia flash yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif; (2) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah dibelajarkan dengan perangkat pembelajaran berbasis model PjBL berbantuan macromedia flash yang dikembangkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022