Bio-Lectura
Vol. 9 No. 2 (2022)

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA/MA

Habibah Hanun Simangunsong Habibah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nurhani Afdilani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Puji Lestari (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Syairi Para Nasution (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Sarah Ummi Athiya (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Syah Rajamuddin Saragih (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2022

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk melihat dan mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil belajar siswa/I SMA setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran snowball throwing terhadap materi biologi. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan desain penelitian Posttest only group control dengan Teknik sampling berupa purpose sampling atau sampling pertimbangan yaitu menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA di kelas X IPA 1 berdasarkan hasil posttest yang telah diberikan setelah proses pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran snowball throwing dan dibandingkan dengan hasil pretest yang telah diperoleh. Hasil belajar di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas control, hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai yang diperoleh yaitu kelas eksperimen yang lebih besar dibandingkan kelas control. Ini juga diperkuat dengan pengujian homogenitas yang hasilnya homogen dan uji hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Maka disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan strategi pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem terhadap hasil belajar biologi siswa SMA.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BL

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bio-Lectura is a scientific journal containing research articles in Biology education scope. Bio-Lectura is published twice a year (April and October) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning. The editor receives posts that have not been published in other print ...