Inovator : Jurnal Manajemen
Vol 11 No 2 (2022): SEPTEMBER

Apakah Faktor Sosial, Faktor Pribadi; Berpengaruh Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Smartphone merk Oppo

Khairani, Elisa (Unknown)
Teniro, Alwin (Unknown)
Basyirah, Basyirah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menjelaskan factor social dan factor pribadi terhadap kepuasan keputusan pembeli Smartphone merk OPPO. Analisis data yang digunakan dengan persamaan regresi linier berganda serta koefisien determinasi, uji t, uji f responden sebanyak 73 orang mewakili wilayah dari objek penelitian. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial faktor sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemebelian ponsel merek Oppo di Pegasing Kabupaten Aceh Tengah hal ini dibuktikan dengan uji t dimana variabel faktor sosial dengan nilai thitung > dari t tabel. Yaitu 2,787 > 2,021. Sedang factor pribadi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ponsel merk Oppo, hal ini dibuktikan dengan uji t dimana variabel faktor sosial dengan nilai t-hitung > dari t-tabel. yaitu 0,812 < 2,021. Namun secara simultan variabel faktor sosial dan pribadi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ponsel merk Oppo, hal ini dibuktikan dengan uji F dimana variabel faktor sosial dan pribadi terhadap keputusan pembelian yaitu Fhitung > dari Ftabel Yaitu 4,945 > 4,23 dan hubungan antara variable indepeden dengan dependen adalah sedang yaitu sebesar 0,437

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

INOVATOR

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal INOVATOR , Jurnal ini memberikan inovasi pada perkembangan teknologi dan ilmu manajemen dengan memberikan informasi praktis hasil pemikiran dan penelitian para pakar manajemen dengan scope : Manajemen Sumber Daya Manusia; Manajemen Keuangan; Manajemen Pemasaran; Manajemen Operasional dan ...