cover
Contact Name
Jurnal Teknologi Pendidikan
Contact Email
jurnaltp@ppsuika.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaltp@ppsuika.ac.id
Editorial Address
Jln. K.H. Sholeh Iskandar Km.2, Tanah Sereal Bogor 16161 Telp./Fax.: (0251) 357804
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Inovator : Jurnal Manajemen
ISSN : 19786387     EISSN : 26147785     DOI : 10.32832/inovator
Core Subject : Economy,
Jurnal INOVATOR , Jurnal ini memberikan inovasi pada perkembangan teknologi dan ilmu manajemen dengan memberikan informasi praktis hasil pemikiran dan penelitian para pakar manajemen dengan scope : Manajemen Sumber Daya Manusia; Manajemen Keuangan; Manajemen Pemasaran; Manajemen Operasional dan Kewirausahaan. Jurnal ini terbit dua kalai dalam satu tahun yaitu pada bulan Maret dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 194 Documents
ANALISIS MOTIVASI KERJA DAN SIKAP TENAGA TATA USAHA PADA KEPUASAN PELAYANAN PELANGGAN (STUDI KASUS DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR) ., Rachmatulaily; Merdekawati, Dewi Sri
INOVATOR Vol 5 No 2 (2016): SEPTEMBER
Publisher : prodima@fe.uika-bogor.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.278 KB) | DOI: 10.32832/inovator.v5i2.634

Abstract

Kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh persepsi kualitas jasa, kualitas produk, harga dan faktor-faktor yang bersifat pribadi serta yang bersifat situasi sesaat. Kepuasan pelanggan ditentukan oleh persepsi pelanggan mengenai kualitas jasa yang berfokus pada lima dimensi kualitas jasa, yaitu: berwujud (tangible), keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan dan kepastian (assurance), empati (empathy). Tenaga tata usaha memegang peranan penting sebagai pelaksana dalam kegiatan layanan, yang mampu menciptakan situasi layanan yang menyenangkan sesuai dengan potensi yang dimilikinya yang bersifat administrasi dalam menunjang kelancaran layanan , sehingga menghasilkan layanan yang produktif.Tujuan penelitian terdiri dari : (1) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi kerja terhadap kepuasan pelayanan pelanggan (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sikap tenaga tata usaha terhadap kepuasan pelayanan pelanggan (3) untuk mengetahui seberapa besar motivasi kerja dan sikap tenaga tata usaha terhadap kepuasan pelayanan pelanggan. Hasil penelitian : (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi kerja (X1) terhadap kepuasan pelayanan pelanggan (Y) sebesar 0,415 dan derajat determinative sebesar 0,173, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara sikap tenaga tata usaha (X2) terhadap kepuasan pelayanan pelanggan (Y), sebesar 0,421 dan derajat determinative sebesar 0,177, (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi kerja (X1) dan sikap tenaga tata usaha (X2) terhadap kepuasan pelayanan pelanggan (Y), sebesar 0,485, derajat determinative sebesar 0,235.
Kecenderungan Mahasiswa Dalam Mengikuti Perkembangan Pasar Bebas ASEAN Di Fakultas Ekonomi Uika Bogor ., Rachmatullaily; Hasnin, Hannisa Rahmaniar; Maulani, Denia
INOVATOR Vol 6 No 2 (2017): SEPTEMBER
Publisher : prodima@fe.uika-bogor.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.204 KB) | DOI: 10.32832/inovator.v6i2.1044

Abstract

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan membentuk ASEAN menjadi pasar dan basis dari produksi tunggal yang dapat membuat ASEAN terlihat dinamis dan dapat bersaing dengan adanya mekanisme dan langkah-langkah dalam memperkuat pelaksanaan baru yang berinisiatif ekonomi; mempercepat perpaduan regional yang ada disektor-sektor prioritas; memberikan fasilitas terhadap gerakan bisnis, tenaga kerja memiliki bakat dan terampil; dapat memperkuat kelembagaan mekanisme di ASEAN. Untuk dapat bersaing dengan negara ASEAN lainnya, Indonesia harus dapat mempersiapkan generasi muda, salah satunya mahasiswa agar setelah lulus dapat memberikan kontribusi terbaik bagi negara. Berdasarkan tujuan tersebut perlu diketahui terlebih dulu seberapa jauh pemahaman mahasiswa mengenai topik MEA beserta dampaknya.
ANALISIS PENGARUH PENCITRAAN, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT KULIAH DI UNIVERSITAS IBN KHALDUN (UIKA) BOGOR Suharti, Titing; Nurhayati, Immas
INOVATOR Vol 6 No 1 (2017): MARET
Publisher : prodima@fe.uika-bogor.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (750.751 KB) | DOI: 10.32832/inovator.v6i1.641

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis beberapa variabel yang mempengaruhi minat kuliah di Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor seperti pencitraan, biaya dan kualitas pelayanan. Hasil penelitian sebelumnya tentang pengaruh biaya perkuliahan terhadap minat menyimpulkan tidak adanya pengaruh yang negatif dan signifikan antara biaya perkuliahan terhadap minat kuliah di Universitas Ibn Khaldun Bogor, bahkan dikatakan keeratan hubungan antara biaya penyelenggaraan pendidikan terhadap jumlah permintaan (yang diproksi dengan jumlah penerimaan mahasiswa baru) menunjukan permintaan yang inelastis yang ditunjukkan dengan hasil koefisien elastisitas yang kurang dari 1 (Nurhayati dan Suharti, 2010). Hal ini mengindikasikan adanya faktor lain yang signifikan mempengaruhi minat kuliah di UIKA. Berdasarkan pada hasil pengolahan data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan, diantara ketiga faktor yang mempengaruhi minat kuliah, variabel pelayanan merupakan variabel yang memiliki pengaruh tertinggi terhadap minat melanjutkan studi atau kuliah di Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, diikuti oleh variabel promosi dan variabel yang berpengaruh paling rendah yaitu variabel pencitraan, dan ketiganya signifikan pada ? = 5%. Besarnya adjusted R2adalah0,204, hal ini berarti 20,4% variasi dari minat kuliah dapat dijelaskan oleh variasi dari ketiga variabel independent yaitu pencitraan, promosi, dan kualitas pelayanan, sedangkan sebesar 69,6% dijelaskan oleh sebab sebab lain di luar model.
“PENGARUH PENETAPAN HARGA TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA CV YOSHIKO BOGOR” (STUDI KASUS SEPATU HAK TINGGI KODE HM. 04) Rahmat, Dea; Muniroh, Leny; Sume, Syahlan A.
INOVATOR Vol 2 No 1 (2013): MARET
Publisher : prodima@fe.uika-bogor.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.32 KB) | DOI: 10.32832/inovator.v2i1.669

Abstract

Peran pemasaran terhadap keberhasilan bisnis memegang peranan yang sangat penting terutama dalam bidang UKM.Agar pasar sasaran dapat tercapai, maka produk yang dihasilkan harus mempunyai harga dan kualitas yang sesuai dengan keinginan konsumen.Hal ini membuat konsumen mempunyai pilihan dalam mengambil keputusan pembelian. Penelitian menggunakan teknik analisis korelasi dengan analisis regresi sederhana.Hasil penelitian ditemukan bahwa perkembangan grafik penjualan sepatu pada CV. Yoshiko Bogor dari tahun 2009 s.d 2011 mengalami kenaikan dan penurunan, hal ini dikarenakan banyaknya supplier-suplier baru. Hasil analisis korelasi sebesar 0,97, hal ini menandakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif dari penetapan harga terhadap volume penjualan pada CV Yoshiko Bogor, besarnya pengaruh yang diberikan penetapan harga terhadap volume penjualan sebesar 94,9%.
ANALISIS PEMBINAAN DAN PEMOTIVASIAN KARYAWAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. ANTAM (PERSERO) Tbk. UNIT GEOMIN DI JAKARTA Firdaus, M. Azis
INOVATOR Vol 1 No 1 (2012): MARET
Publisher : prodima@fe.uika-bogor.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1045.757 KB) | DOI: 10.32832/inovator.v1i1.169

Abstract

Kinerja karyawan merupakan faktor yang sangat penting dalam mempertahankan dan mengembangkan keberhasilan kegiatan suatu perusahaan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan prestasi kerja karyawan adalah dengan memberikan pembinaan dan motivasi yang berkesinambungan agar para karyawan terdorong untuk bekerja seoptimal mungkin serta turut merasa bertanggung jawab atas kelancaran jalannya perusahaan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu : untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembinaan terhadap kinerja karyawan pada PT ANTAM (Persero) Tbk Unit Geomin dan seberapa besar pengaruh pemotivasian terhadap kinerja karyawan.Teknik analisis data penelitian ini dilakukan dengan cara analisis korelasi dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variable pembinaan dan variable pemotivasian terhadap kinerja karyawan. Pembinaan pemotivasian dan kinerja karyawan di PT Antam (Persero) Tbk Unit Geomin dalam kategori baik
PENGARUH PELATIHAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. SAPTA SARANA SEJAHTERA ., Muhamad; Suryana, Undang; Firdaus, M. Azis
INOVATOR Vol 3 No 1 (2014): MARET
Publisher : prodima@fe.uika-bogor.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (679.039 KB) | DOI: 10.32832/inovator.v3i1.664

Abstract

Program pelatihan yang intensif perlu dilaksanakan oleh perusahaan agar memiliki sumber daya manusia yang memiliki kinerja optimal. Dengan adanya kegiatan pelatihan, karyawan memiliki kesempatan untuk menyerap pengetahuan atau nilai-nilai baru, sehingga dengan pengetahuan baru tersebut para karyawan dapat meningkatkan profesinya dalam melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya. Pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan melalui pelatihan merupakan suatu usaha untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.Pelatihan secara efektif akan membantu karyawan untuk lebih termotivasi meningkatkan produktivitas kerjanya. Jika karyawan dapat mengikuti pelatihan secara efektif, maka keahlian, keterampilan, dan pengetahuan yang didapat dari pelatihan akan meningkatkan produktivitas kerja karyawan tersebut.
PERANAN PERIKLANAN DALAM USAHA MENINGKATKAN HASIL PENJUALAN PADA PRODUK PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk JAKARTA PUSAT Santriandi, Bandi; Kuraesin, Ecin; Muniroh, Leny
INOVATOR Vol 4 No 1 (2015): MARET
Publisher : prodima@fe.uika-bogor.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (554.119 KB) | DOI: 10.32832/inovator.v4i1.651

Abstract

Suatu perusahaan telah bisa menghasilkan produk bukan berarti tujuan perusahaan telah tercapai, perusahaan harus bisa menciptakan permintaan dari produk yang dihasilkan dengan cara cara tertentu agar produk tersebut sampai kepada konsumen dengan cepat dan perusahaan terlebih dahulu memberitahukannya kepada calon pembeli bahwa produk tersebut telah tersedia di pasaran. Pemasaran sangat penting sekali bagi perusahaan terutama dimasa ekonomi sekarang ini yang juga sangat berpengruh dalam kegiatan marketing.PT Indofood Sukses Makmur Tbk merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan yang menjual berbagai jenis produk makanan. Dalam melaksanakan kegiatannya, perusahaan ini telah mengeluarkan berbagai biaya, salah satunya adalah untuk biaya periklanan. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk mempromosikan produk agar perusahaan dikenal oleh masyarakat di pasaran, sehingga terjadi respon balik dari para calon konsumen.
Digitalisasasi Bank Terhadap Peningkatan Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Bank Marlina, Asti; Bimo, Widhi Ariyo
INOVATOR Vol 7 No 1 (2018): MARET
Publisher : prodima@fe.uika-bogor.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.687 KB) | DOI: 10.32832/inovator.v7i1.1458

Abstract

Pelaku industri di sektor perbankan tidak hanya dituntut untuk menerapkan teknologi digital, namun juga mampu dalam menangkap berbagai peluang dengan lebih memahami perubahan perilaku konsumen yang semakin mengarah ke ranah digital yang dapat lebih memudahkan kebutuhan transaksi nasabahnya. Dengan penggunaan teknologi digital yang kian meningkat, konsumen Indonesia telah terbiasa dan memilih layanan yang lebih cepat, transparan, luas, dan dapat dipersonalisasikan dengan kebutuhan nasabah Parasuraman, Zeithaml, dan Berry dalam Kotler (1997 : 53) menentukan lima dimensi kualitas pelayanan meliputi: tangibles (bukti langsung), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan) dan empathy (empatiPenggunaan Digital Banking merupakan salah satu elemen dari penilaian kepuasan pelanggan yaitu Keandalan dan daya tanggap. Dengan menerapkan digital banking, bank berharap bahwa ia dapat diandalkan dan memiliki daya tanggap yang tertinggi terhadap kebutuhan nasabah. Berdasarkan analisis data yang telah diuji dalam penelitian ini, maka dapat dijelaskan bahwa ada pengaruh yang positif penggunaan Digital Banking di BTN Syariah dengan kepuasan nasabah. Selama ini nasabah sudah merasa puas dan terbantu dengan adanya digital banking ini.
CAPAIAN RENCANA PEMBANGUNAN LIMA TAHUNAN KOTA BOGOR Firdaus, M. Azis
INOVATOR Vol 5 No 1 (2016): MARET
Publisher : prodima@fe.uika-bogor.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.886 KB) | DOI: 10.32832/inovator.v5i1.646

Abstract

Undang-undang otonomi daerah mendorong Kepala Daerah untuk mengelola kekayaan daeranya dengan lebih leluasa, diantaranya dalam penyusunan rencana pembangunan dan penggunaan asset yang dimiliki daerah untuk pembangunan daerahnya. Besarnya kekuasaan ini membutuhkan suatu mekanisme yang dapat mengamati dan mengevaluasi pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah serta realisasinya. Untuk melihat ini salah satunya adalah dengan melihat dari sisi kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Daerah dengan menggunakan Importance Performance Analisis. Melalui bantuan Diagram Cartesius dapat diperlihatkan atribut-atribut tertentu dari objek yang termasuk pada kuadran I, atau kuadran II atau kuadran III atau kuadran IV. Kepuasan masyarakat Kota Bogor terhadap Kinerja pembangunan di Kota Bogor baru mencapai kurang dari 50% dengan beberapa dimensi masih berada pada posisi tidak memuaskan, dan hanya penataan Pedagang Kaki Lima yang dipersepsikan cukup puas.
PERANAN RAMALAN PENJUALAN DALAM MENENTUKAN PERENCANAAN PRODUKSI PADA PT. INDOKARLO PERKASA Supriada, Dasa; ., Suyadi; Suryana, Undang
INOVATOR Vol 2 No 2 (2013): SEPTEMBER
Publisher : prodima@fe.uika-bogor.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (610.05 KB) | DOI: 10.32832/inovator.v2i2.674

Abstract

Pengusaha sebagai pemilik perusahaan harus terus semakin kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kinerja perusahaannya agar pemesan tertarik dan produksi pada perusahaan tetap berjalan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai secara efektif dan efisien, maka perlu ditentukan kegiatan apa yang harus dilakukan untuk melakukan tujuan tersebut.Oleh karena itu penyelenggaraan manajemen yang tepat dalam semua aspek yaitu aspek keuangan, aspek sumber daya manusia, aspek produksi, aspek penjualan, dan masih banyak lagi aspek lainnya. Yang sangat berkaitan dengan situasi perekonomian, dari semua aspek diatas dapatlah dikatakan bahwa aspek penjualan mempunyai peranan yang sangat penting bagi berhasil tidaknya tujuan dari suatu perusahaan terhadap lingkungan perekonomian itu sendiri.

Page 1 of 20 | Total Record : 194