Arfak Chem: Chemistry Education Journal
Vol 4, No 2 (2021): Arfak Chem

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA 1 SMAN 4 MERAUKE PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Siti Aminah (SMA Negeri 4 Merauke)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2021

Abstract

AbstrakPada umumnya  masalah yang sering terjadi dalam pembelajaran Kimia adalah rendahnya minat Peserta didik dalam pembelajaran kimia. Minat peserta didik yang rendah dapat disebabkan karena sebagian besar siswa menganggap kimia sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar kognitif Peserta didik dalam pembelajaran Kimia. Selain itu, faktor lain yang menyebabkan rendahnya minat peserta didik yaitu proses pembelajaran yang masih didominasi oleh cara konvensional.  Oleh karena itu untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan model pembelajaran yang dapat membangkitkan minat dan semangat siswa. Problem Based Learning merupakan konsep belajar yang menggunakan masalah sebagai konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berfikir kritis, keterampilan pemecahan masalah, dan untuk memperoleh konsep yang esensial dari materi pelajaran. Model pembelajaran Problem Based Learning ini berorientasi pada masalah termasuk belajar. Tugas guru disini sebagai motivator, fasilitator dan pembimbing siswa yang mengalami kesulitan agar siswa menjadi lebih aktif dan kreatif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Peserta didik, maka dilakukanlah penelitian Tindakan kelas  (PTK). Penelitian ini terdiri dari 3 (tiga) siklus yang dilaksanakan di Kelas XI MIPA 1A  pada SMA Negeri 4 Merauke dengan sampel yang berjumlah 12  peserta didik. Pada siklus III Persentase ketuntasan meningkat dari 64% pada siklus II menjadi 80 % sehingga terjadi kenaikan sebesar 16% . Sehingga terjadi peningkatan predikat dari sedang menjadi Tinggi. Kata Kunci: PTK, PBL, Tindakan Kelas, SMA Negeri 4 Merauke.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

accej

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Social Sciences

Description

Arfak Chem: Chemistry Education Journal is a scientific journal, published by Chemistry Education Department, University of Papua. This journal is published 2 times in a year, June and December. This journal contains research results relating to the topic of education and chemistry ...