Arfak Chem: Chemistry Education Journal
Vol 1, No 2 (2018): Arfak Chem

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA ADVENT MANOKWARI PADA MATERI STOIKIOMETRI REAKSI

Valencya Melita Souhuwat (Universitas Papua, Manokwari, Indonesia)
Apriani Sulu Parubak (Universitas Papua, Manokwari, Indonesia)
Christiana Niken Larasati (Universitas Papua, Manokwari, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran take and give pada materi pokok Stoikiometri Reaksi kelas XI IPA SMA Advent Manokwari dan untuk melihat besar peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi pokok Stoikiometri Reaksi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model PTK Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklusnya memiliki empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Untuk melihat peningkatan hasil belajar peserta didik pada penelitian ini yaitu dengan memberikan pre-test dan post-test kepada peserta didik untuk tiap siklusnya. Data yang diperoleh, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan bantuan Microsoft Excel 2007 untuk menggambarkan peningkatan pada siklus. Setelah data dianalisis, terlihat bahwa penerapan model pembelajaran take and give dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Advent Manokwari pada materi stoikiometri reaksi. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM yaitu ≥ 70 mengalami peningkatan sebesar 25% yaitu dari 55% pada siklus I dengan kriteria ketuntasan klasikal sedang menjadi 80% dengan kriteria ketuntasan klasikal tinggi pada siklus II

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

accej

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Social Sciences

Description

Arfak Chem: Chemistry Education Journal is a scientific journal, published by Chemistry Education Department, University of Papua. This journal is published 2 times in a year, June and December. This journal contains research results relating to the topic of education and chemistry ...