Arfak Chem: Chemistry Education Journal
Vol 1, No 2 (2018): Arfak Chem

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPRATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) UNTUK MININGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI (TERMOKIMIA) DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 1 PRAFI

Etni Dewi Prastika (Universitas, Manokwari, Indonesia)
Apriani Sulu Parubak (Universitas, Manokwari, Indonesia)
Radite Yogaswara (Universitas, Manokwari, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2019

Abstract

Tujuan penilitian ini adalah untuk meningkatkan pendidikan belajar siswa sekolah SMA Negeri 1 prafi kelas XI IPA 3 dengan cara kerja sama (STAD). STAD pada materi termokimia adalah penelitian tindakan kelas. Yang dilakukan guru kimia secara kolaboratif dalam 2 subjek. Siklus cach, terdiri dari dua pertemuan dengan beberapa kegiatan : membangun, bertindak,observasi,dan refel ulang. Hasil dari penilitian menunjukan bahwa menerapkan model belajar kooperatif dengan menggunakan media visual atau audio visual dapat meningkatkan mutu prestasi pada peniliain aspek koognitif siswa XI IPA 3. Ini ditunjukan pada pengambilan data terakhir dengan siklus I dari dua kali pertemuan mendapat nilai rata-rata 69,8889 dan 75,6481. Secara signifikan itu bisa di katakan meningkat dalam siklus II dari ketiga dan keempat yang saya lakukan menjadi 77,4249 dan 80,3704 dengan prestasi siswa 100 %.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

accej

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Social Sciences

Description

Arfak Chem: Chemistry Education Journal is a scientific journal, published by Chemistry Education Department, University of Papua. This journal is published 2 times in a year, June and December. This journal contains research results relating to the topic of education and chemistry ...