Arfak Chem: Chemistry Education Journal
Vol 4, No 2 (2021): Arfak Chem

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DI KELAS X MMI SMK NEGERI 2 BANAWA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Sofyan Sofyan (SMK Negeri 2 Banawa)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2021

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi hukum-hukum dasar kimia di kelas X MM1 SMK Negeri 2 Banawa Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus terdapat 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MM1 Jurusan Multimedia SMK Negeri 2 Banawa yang berjumlah 28 siswa namun karena penelitian ini dilaksanakan saat pandemi covid 19 dengan ruang gerak yang terbatas, sehingga penelitian dilaksanakan secara sederhana dengan jumlah sampel hanya peserta didik yang datang mengikuti pembelajaran luring dengan jumlah terbatas dan bervariasi di setiap siklusnya. Penelitian ini difokuskan pada materi stoikiometri yakni hukum-hukum dasar kimia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan lembar observasi dan post test disetiap siklusnya serta dilengkapi lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh nilai hasil belajar rata-rata pada siklus I sebesar 69,23 dengan ketuntasan 61,53% dan hasil observasi aktivitas peserta didik sebesar 82,5. Pada siklus II nilai hasil belajar peserta didik 72,78 dengan ketuntasan 72,22% dan hasil observasi aktivitas peserta didik sebesar 87,5. Pada siklus III nilai hasil belajar mencapai 79,37 dengan ketuntasan 81,25% dan hasil observasi aktivitas peserta didik sebesar 90,0. Hasil penelitian yang diperoleh dari siklus I sampai siklus III menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dan aktivitas peserta didik, hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode discovery learning memberikan dampat yang positif bagi peserta didik dalam proses belajar mengajar. Kata kunci: Discovery Learning, Siswa, Hasil Belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

accej

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Social Sciences

Description

Arfak Chem: Chemistry Education Journal is a scientific journal, published by Chemistry Education Department, University of Papua. This journal is published 2 times in a year, June and December. This journal contains research results relating to the topic of education and chemistry ...