Arfak Chem: Chemistry Education Journal
Vol 1, No 2 (2018): Arfak Chem

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 PRAFI KELAS X (Pada Pokok Bahasan Minyak Bumi)

Avinda Dinda Safitri (Universitas Papua, Manokwari, Indonesia)
Jacson Viktor Morin (Universitas Papua, Manokwari, Indonesia)
Christiana Niken Larasati (Universitas Papua, Manokwari, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan dalam pembelajaran kognitif siswa keluar atau untuk mengetahui pengaruh persentase menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw kelas X di SMA Negeri 1 prafi dengan metode usasi kuasi menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan selama tiga pertemuan, termasuk pretest sebelum mengajar subjek dan posttest setelah mengajar subjek. Penelitian ini dimulai pada bulan Maret hingga Mei 2016. Sampel penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu 18 siswa kelas eksperimental dengan menggunakan jigsaw inadel dan 18 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes instrumen. Berdasarkan data analisis, uji hipotesis parametrik dari data posttest menghasilkan 95% nilai sig (2-tailed) sebesar 0,021, sig (2- tailed) <0,025, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Singkatnya ada perbedaan penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar kognitif siswa pada kelas X di SMA Negeri 1 prafi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

accej

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Social Sciences

Description

Arfak Chem: Chemistry Education Journal is a scientific journal, published by Chemistry Education Department, University of Papua. This journal is published 2 times in a year, June and December. This journal contains research results relating to the topic of education and chemistry ...