Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 7 No 3 (2022): Volume 7 Nomor 3, Agustus 2022

Problematika Implementasi Kurikulum 2013 di Era Pandemi Covid-19 pada Jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA)

Widiarini Widiarini (Unknown)
Arisa Darwis (Universitas Madako Tolitoli)
Mustiningsih Mustiningsih (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2022

Abstract

Kebijakan pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (daring) yang telah ditetapkan pemerintah merupakan upaya mencegah penyebaran pandemi COVID-19. Namun, upaya implementasi pembelajaran daring tersebut tidak lepas dari berbagai macam masalah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui berbagai macam masalah baik yang dihadapi guru maupun siswa dalam pembelajaran selama pandemic Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperolah ddengan observasi, wawancara dan dokumen analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurtilas yang meliputi pelaksanaan pembelajaran, penilaian dan ketuntasan belajar tidak bisa berjalan sesuai dengan pedoman pada pembelajaran tatap muka. Kendala pembelajaran kurtilas secara daring dialami oleh guru dan peserta didik. Problematika yang dialami oleh guru meliputi penggunaan teknologi pembelajaran dan pelaksanaan penilaian. Sedangkan masalah yang dihadapi oleh peserta didik selama pembelajaran daring adalah berkurangnya interaksi, berkurangnya motivasi dan kurang kondusifnya lingkungan belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...