Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 3, No 1 (2014)

PENERAPAN TEKNIK ROLE PLAY DENGAN BANTUAN VIDEO PADA MATA KULIAH SPEAKING 2 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNDIKSHA TAHUN AJARAN 2011/2012

Adnyani, L.D.S. (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2014

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan teknik role play berbantuan video mampu meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris mahasiswa kelas 2C Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang mengambil mata kuliah Speaking 2 tahun ajaran 2011/2012. Dalam penelitian ini terdapat tiga siklus dan empat tahapan dalam tiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tiap siklus terdiri dari tiga pertemuan, yaitu pembahasan materi dan bermain peran, menonton video yang disiapkan di rumah dan berdiskusi, serta pelaksanakan tes akhir dan kuesioner. Dari 16 (67%) pada pre tes, nilai rata-rata mahasiswa meningkat menjadi 16,93 (70,55%) pada post tes I, 18,52 (77,16%) pada post tes II, dan 19,21 (80,03%) pada post tes III. Hal ini berarti penggunaan teknik role play berbantuan video mampu meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris mahasiswa dengan mencapai standar ketuntasan (80%). Peningkatan tersebut selaras dengan data yang diperoleh dari hasil kuesioner dan jurnal kegiatan.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia [p-ISSN: 2303-288X (print) and e-ISSN: 2541-7207 (online)] is a peer-reviewed journal published by the Research and Community Service Institute of Universitas Pendidikan Ganesha since 2012. JPI is an integrated media for ongoing communication related to significant new ...