At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam
Vol. 4 No. 1 (2022): Ahwal syakhshiyah, Pendidikan Agam Islam, Ekonomi Islam

DETERMINAN LOYALITAS NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK DAN LAYANAN DIGITAL DI BANK SYARIAH INDONESIA

Titania Mukti (Universitas Islam Indonesia)
Dini Puspitasari (Universitas Islam Indonesia)
Nur Kholis (Universitas Islam Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinan yang mempengaruhi loyalitas nasabah dalam menggunakan produk dan layanan digital di Bank Syariah Indonesia. Faktor-faktor tersebut dikerucutkan menjadi enam faktor, yaitu kualitas layanan, kepuasan nasabah, kepercayaan nasabah, komitmen nasabah, switching cost, dan religiusitas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan sampel yang diambil melalui purposive sampling sebanyak 158 responden yang merupakan nasabah Bank Syariah Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling menggunakan analisis SEM dengan aplikasi AMOS 22. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa persepsi kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai koefisien standardized regression weight sebesar 10,038; kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap komitmen nasabah dengan nilai koefisien standardized regression weight sebesar 0,569; kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap komitmen nasabah dengan nilai koefisien standardized regression weight sebesar 0,195; komitmen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai koefisien standardized regression weight sebesar 0,218; kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai koefisien standardized regression weight sebesar 0,305. Switching cost berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai koefisien standardized regression weight sebesar 0,261; religiusitas berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai koefisien standardized regression weight sebesar 0,252. Secara simultan menunjukan bahwa kualitas layanan, kepuasan nasabah, kepercayaan nasabah, komitmen nasabah, switching cost dan religiusitas nasabah mempengaruhi loyalitas nasabah di Bank Syariah Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

thullab

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies in the Islamic University of Indonesia in 2019 which is published twice a year as a journal which becomes a forum for students to improve their abilities in the fields of Islamic Law, Islamic Education and ...