Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 1, No 1 (2012)

PENGEMBANGAN MODUL SOFTWARE MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XII SMA

P Suwindra, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul fisika multimedia interaktif,(2) menjelaskan perbedaan pengaruh antara belajar dengan modul multimedia (MPMM) danmodel pembelajaran konvensional (MPK) terhadap pemahaman konsep, dan (3)menjelaskan perbedaan pengaruh antara MPMM dan MPK terhadap hasil belajar fisikasiswa kelas XII SMA. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian dalam duatahapan, yaitu: pengembangan modul dan eksperimen. Data dikumpulkan dengan tes,angket, wawancara. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik deskriptif danmultivariat. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan pemahamankonsep antara kemompok belajar dengan MPMM dan kelompok belajar dengan MPK(F=250,602; p<0,05). Nilai rata-rata pemahaman konsep kelompok siswa yang belajar dengan MPMM lebih tinggi daripada yang belajar dengan MPK (=10,831; SD=0,684;p<0,05).  (2) Terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara belajar dengan MPMM danbelajar dengan MPK (F=385,237; p<0,05). Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelompok belajar dengan MPMM lebih tinggi daripada kelompok belajar dengan MPK (=11,555;SD=0,589; p<0,05). Berdasarkan analisis respon, siswa memberi respon postif terhadapmodul. Oleh karena itu, modul fisika multimedia interaktif layak dan efektif untukmeningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia [p-ISSN: 2303-288X (print) and e-ISSN: 2541-7207 (online)] is a peer-reviewed journal published by the Research and Community Service Institute of Universitas Pendidikan Ganesha since 2012. JPI is an integrated media for ongoing communication related to significant new ...