Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul fisika multimedia interaktif,(2) menjelaskan perbedaan pengaruh antara belajar dengan modul multimedia (MPMM) danmodel pembelajaran konvensional (MPK) terhadap pemahaman konsep, dan (3)menjelaskan perbedaan pengaruh antara MPMM dan MPK terhadap hasil belajar fisikasiswa kelas XII SMA. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian dalam duatahapan, yaitu: pengembangan modul dan eksperimen. Data dikumpulkan dengan tes,angket, wawancara. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik deskriptif danmultivariat. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan pemahamankonsep antara kemompok belajar dengan MPMM dan kelompok belajar dengan MPK(F=250,602; p<0,05). Nilai rata-rata pemahaman konsep kelompok siswa yang belajar dengan MPMM lebih tinggi daripada yang belajar dengan MPK (ï„ï=10,831; SD=0,684;p<0,05).  (2) Terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara belajar dengan MPMM danbelajar dengan MPK (F=385,237; p<0,05). Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelompok belajar dengan MPMM lebih tinggi daripada kelompok belajar dengan MPK (ï„ï=11,555;SD=0,589; p<0,05). Berdasarkan analisis respon, siswa memberi respon postif terhadapmodul. Oleh karena itu, modul fisika multimedia interaktif layak dan efektif untukmeningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2012