Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 1, No 2 (2012)

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SASTRA BERBASIS KARAKTER DAN LOKALITAS DALAM MATA KULIAH DRAMA, JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA SINGARAJA

Sonia Piscayanti, Kadek (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2015

Abstract

Pembelajaran drama di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PendidikanBahasa Inggris selama ini menggunakan naskah-naskah karya penulis luar negeri. Hal inimenjadi beban bagi mahasiswa karena adanya kesenjangan antara latar budaya di dalamnaskah dengan latar budaya mahasiswa. Kesenjangan budaya ini menyebabkanmahasiswa kesulitan memahami teks. Persoalan budaya adalah hal yang sangat pentingdalam pembelajaran bahasa. Pembelajaran bahasa akan berhasil jika pembelajaran bersifatkontekstual, berkarakter dan bermakna. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modelpembelajaran drama berbasis karakter dan lokalitas. Metode yang digunakan adalah modelpengembangan Dick, Carey and Carey (2001). Pengembangan ini melalui sembilantahapan. Hasilnya adalah produk model pembelajaran drama berbasis karakter danlokalitas. Bahan ajar yang dihasilkan adalah naskah drama berbasis karakter dan lokalitas.Model dan naskah ini kemudian diimplementasikan dan diujikan pada mahasiswa. Hasilnyaadalah terdapat perbedaan signifikan antara prestasi mahasiswa yang diajar dengan modelpembelajaran drama berbasis karakter dan lokalitas dengan prestasi mahasiswa yang tidakmendapat perlakuan.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia [p-ISSN: 2303-288X (print) and e-ISSN: 2541-7207 (online)] is a peer-reviewed journal published by the Research and Community Service Institute of Universitas Pendidikan Ganesha since 2012. JPI is an integrated media for ongoing communication related to significant new ...