Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 1, No 2 (2012)

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR METODE PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN APLIKATIF MAHASISWA

Nurjaya, Gede (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2015

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar Metode PembelajaranBahasa dan Sastra Indonesia yang mampu meningkatkan pemahaman dan kemampuanaplikatif mahasiswa. Untuk tujuan itu, rancangan penelitian yang digunakan adalahrancangan penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini membutuhkan waktu duatahun untuk menghasilkan produk yang siap pakai.  Pada tahun kedua ini adalah uji coba efektivitas penggunaan bahan ajar. Hasilnyaadalah sebagai berikut ini. (1) Prestasi mahasiswa setelah diajarkan dengan menggunakanbahan ajar yang telah disusun berada pada kategori baik dengan rata-rata skor 79,42. Skoruntuk pemahaman sebesar 81,17 dalam kategori baik, lebih tinggi dibandingkan skorkemampuan aplikatif yang sebesar 76,8 pada kategori baik juga. (2) Respon mahasiswaterhadap penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran adalah positif dengan rata-rata 4,43pada skala 5. (3) Kendalaa yang dihadapi oleh mahasiswa saat penggunaan bahan ajartersebut dalam pembelajaran adalah kekurang waktu dan ada beberapa bagian bahan ajaryang sulit dipahami karena redaksinya.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia [p-ISSN: 2303-288X (print) and e-ISSN: 2541-7207 (online)] is a peer-reviewed journal published by the Research and Community Service Institute of Universitas Pendidikan Ganesha since 2012. JPI is an integrated media for ongoing communication related to significant new ...