Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 1, No 2 (2012)

MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI DI SEKOLAH DASAR KELAS V LABORATORIUM UNDIKSHA BERDASARKAN PENDEKATAN KONTEKS DAN PROSES BERMEDIAKAN GAMBAR

Wendra, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran menulisargumentasi di sekolah dasar kelas V Laboratorium Undiksha berdasarkan pendekatankonteks dan proses bermediakan gambar dapat: (1) meningkatkan aktivitas siswa dalampembelajaran, (2) meningkatkan hasil belajar menulis argumentasi, dan (3) dapatmengetahui respon siswa terhadap penerapan pembelajaran tersebut. Rancanganpenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dua siklus. Penelitiandilakukan di kelas Vb SD Lab. Undiksha. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi,tugas menulis argumentasi,, dan wawancara serta angket. Teknik analisis datanya adalahdeskriptif kualitatif( untuk data masalah 1) dan deskriptif kuantitatif(untuk masalah 2 dan 3).Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menulis argumentasiberdasarkan pendekatan konteks dan proses bermediakan gambar dapat meningkatkanaktivitas siswa yakni sebelumnya pembelajaran berpusat pada guru, setelah tindakanpembelajaran berpusat pada siswa. Hasil belajar menulis argumentasi siswa juga meningkatyakni sebelumnya hasil belajarnya berkategori cukup, setelah tindakan berkategori baik,serta seluruh siswa merespon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran tersebut.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia [p-ISSN: 2303-288X (print) and e-ISSN: 2541-7207 (online)] is a peer-reviewed journal published by the Research and Community Service Institute of Universitas Pendidikan Ganesha since 2012. JPI is an integrated media for ongoing communication related to significant new ...