Penelitian bertujuan untuk mengetahui model manajemen berbasis sekolah ayng diterapkan dan bagaimana implementasi MBS di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Lombok Tengah. Penelitian berjenis kualitatif dengan paradigma induktif. Data diperolah melalui hasil wawanara yang dilakukan terhadap informan yang terdiri dari Kepala Sekolah; Wakil Kepala Sekolah, Guru Senior serta Stakeholder terkait. Data kemudian diolah menggunakan teknik triangulasi data. Data dikuatkan melalui hasil dokumentasi dan observasi partisipan. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas pengelola dalam mendefinisikan visi, terhubung dengan profesional lain untuk belajar tentang proses implementasi MBS. Sistem kritikal mencangkup aspek administrasi interaksi-sosial, keterampilan teknis, motivasi peserta didik, ketersedian waktu hingga masalah teknis lainnya. Faktor elementer sekaligus fundamental adalah gaya kepemimpinan transformasional dan konsep school based management. Selain itu pelaksanaan MBS pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Lombok Tengah adalah pemantapan sistem, pola kerja, sehingga masyarakat sekolah mampu menentukan tujuan karir, menyusun dan melaksanakan rencana untuk mendapatkan pendidikan dan pengalaman yang dibutuhkan, dan pengembangan sebagai seorang profesional yang inovatif..
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021