Sharing Positive Experience adalah berbagi cerita tentang pengalaman positif individu kepada individu lain. Ketika menceritakan kembali pengalaman positif, memori kejadian positif tersebut menjadi "stimuli" yang akan mengaktifkan kembali positive affect pada individu. Positive affect ini memiliki dampak baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap beberapa aspek di organisasi seperti kinerja karyawan, meminimalisir tingkat stres di organisasi, serta keterkaitannya dengan tingginya self-esteem. Penelitian ini menggunakan metode action research yang memiliki empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap penerapan, tahap observasi, dan tahap evaluasi. Subjek penelitian adalah seluruh karyawan House of Sampoerna yang berjumlah 7 orang. Data dalam penelitian ini diambil dengan teknik wawancara dan tes sebanyak dua kali. Tes dilakukan sebelum penerapan metode dan setelah penerapan. Kemudian dibandingkan hasil kedua tes tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah metode sharing positive experience mampu meningkatkan perasaan giat, bersemangat, bangga, gembira, kuat, antusias, penuh perhatian. Selain meningkatnya positive affect, terjadi penurunan pada tingkat negative affect seperti gelisah, tidak ramah, merasa bersalah, serta takut.
Copyrights © 2022