Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK)
Vol. 12 No. 1 (2022): Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), Volume 12 Nomor 1 (2022)

Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Topik Kimia terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Prestasi Belajar : Artikel Review

Kristining Tyas, Frida (Unknown)
Rahayu, Sri (Unknown)
Dasna, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Dunia pendidikan selalu berkembang seiring waktu dengan terus menyelidiki metode belajar mengajar yang efektif. Hal ini bertujuan agar proses belajar mengajar dapat berjalan lebih mudah dengan hasil pemahaman materi ajar yang baik. Keterampilan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif, dan prestasi pembelajar merupakan output yang sangat diharapkan dalam proses belajar mengajar. Hal ini dapat dicapai salah satunya dengan pendekatan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan mengeksplorasi penelitian-penelitian sebelumnya yang mengkaji pembelajaran PBL dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif, dan prestasi belajar. Metode penelitian menggunakan review literatur pada artikel 10 tahun terakhir dan didapatkan 11 artikel yang memenuhi syarat review. Hasil review menunjukkan bahwa artikel dengan desain true experiment menyatakan keefektifan pembelajaran PBL lebih tinggi dari artikel yang lain. Pembelajaran PBL memberikan pebelajar dapat mengeksplorasi pemikiran mereka, menemukan solusi alternatif, mencoba ide dan hipotesis, merevisi pemikiran, dan berkolaborasi dengan yang lain untuk memecahkan masalah sehingga dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif, dan prestasi belajar. Kata kunci: Problem Based Learning, keterampilan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif, prestasi belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK) is the journal for teachers, researchers and other practitioners at all levels of chemistry education. It is published electronically two times a ...