Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 6 No 2 (2015): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V KABUPATEN LOMBOK BARAT NTB

Baiq Sarlita Kartiani (Sekolah Dasar Negeri 1 Dasan Baru Lombok Barat Nusa Tenggara Barat)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2015

Abstract

The objective of this research the effect ofteachinglearningmethod and learning motivation toward the result of learning SocialSciences. This research was conductedatSDN1DasanNewWest LombokWest Nusa Tenggara.The method usedinthisresearchusing themethod oftreatment bylevel2x2. The findings ofthis study indicatethat: (1) overallmake amatchhigher than picture and picture(2) there isan interaction betweenlearning methodandmotivation towardlearning outcomes(3) Social studieslearningforgroupsthat have ahighmotivationwill be moresuccessful ifcarried outbyusinglearning methodsmake amatch.(4) Forthe group withlow motivationwill be moresuccessful ifdone using thepicture and picture. Keywords : Learning motivation, Social science.Elementary school, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan di SDN Dasan 1 Baru di Lombok Barat Nusa Tenggara. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen 2x2. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Keseluruhan metode make a match lebih tinggi dari picture and picture (2) ada interaksi antar cara belajar dan motivasi terhadap hasil belajar (3) bagi kelompok belajar yang memiliki motivasi yang tinggi akan lebih sukses jika dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran make a match.( 4 ) kepada kelompok dengan motivasi rendah akan lebih sukses jika dilakukan dengan menggunakan picture and picture . Kata kunci: Motivasi belajar,ilmu pengetahuan sosial, sekolah dasar

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

1. online writing conceptual notions 2. studies and application of theories 3. practitioners writing and research results and teaching in the field of knowledge elementary ...