Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 11 No 1 (2020): JPD- Jurnal Pendidikan Dasar

HUBUNGAN PEER ACCEPTANCE DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD

Firdatuz Zuhriyah (Universitas Negeri Malang)
Puri Selfi Cholifah (Universitas Negeri Malang)
Dimyati (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang hubungan antara penerimaan teman sebaya (peer acceptance) dan motivasi belajar dengan prestasi belajar, hubungan antara penerimaan teman sebaya (peer acceptance) dengan prestasi belajar, serta hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V SDN Se-Kecamatan Klojen, Malang. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Subjek penelitian ini adalah 209 siswa kelas V dari 7 SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penerimaan teman sebaya (peer acceptance) dan motivasi belajar dengan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan Fhitung 44,855>Ftabel 3,039 dengan taraf signifikansi 5%, dan nilai signifikansinya yaitu 0,000<0,05. Sumbangan efektif sebesar 30%, sisanya 70% dijelaskan oleh variabel lainnya. 2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penerimaan teman sebaya (peer acceptance) dengan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan thitung 3,060>ttabel 1,972 dan nilai signifikansinya yaitu 0,003<0,05. 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan thitung 4,341>ttabel 1,972 dan nilai signifikansinya yaitu 0,000<0,05.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

1. online writing conceptual notions 2. studies and application of theories 3. practitioners writing and research results and teaching in the field of knowledge elementary ...