Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang hubungan antara penerimaan teman sebaya (peer acceptance) dan motivasi belajar dengan prestasi belajar, hubungan antara penerimaan teman sebaya (peer acceptance) dengan prestasi belajar, serta hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V SDN Se-Kecamatan Klojen, Malang. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Subjek penelitian ini adalah 209 siswa kelas V dari 7 SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penerimaan teman sebaya (peer acceptance) dan motivasi belajar dengan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan Fhitung 44,855>Ftabel 3,039 dengan taraf signifikansi 5%, dan nilai signifikansinya yaitu 0,000<0,05. Sumbangan efektif sebesar 30%, sisanya 70% dijelaskan oleh variabel lainnya. 2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penerimaan teman sebaya (peer acceptance) dengan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan thitung 3,060>ttabel 1,972 dan nilai signifikansinya yaitu 0,003<0,05. 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan thitung 4,341>ttabel 1,972 dan nilai signifikansinya yaitu 0,000<0,05.
Copyrights © 2020