Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 11 No 1 (2020): JPD- Jurnal Pendidikan Dasar

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Taoufik Hidayat (Universitas Negeri Jakarta)
Ajat Sudrajat (Universitas Terbuka)
Deasyanti (Universitas Negeri Jakarta)
Vina Iasha (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Tujuan pada penelitian ini meningkatkan kemampuan berfikir kritias melalui model problem based learning pada pembelajaran IPS kelas IV Sekolahh Dasar. Penelitian ini menggunakan model Action Research dengan mengacu pada model Kemmis dan Mc Tanggart yaitu perencanaan (planing), tindakan (acting), pengamatan (observating) dan refleksi (reflecting). Subjek anak kelas IV SDN Muara Kapuk 3 dengan jumlah 28 orang, Penjaringan Jakarta Utara Provinsi DKI Jakarta, Indonesia. hasil penelitian adanya peningkatan berfikit kritis dengan menggunakan model problem based learning pada pembelajaran IPS pada kelas IV Sekolah dasar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

1. online writing conceptual notions 2. studies and application of theories 3. practitioners writing and research results and teaching in the field of knowledge elementary ...