Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 11 No 1 (2020): JPD- Jurnal Pendidikan Dasar

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP PEMBELAJARAN SISWA DI SDIT CENDEKIA PURWAKARTA

Anggy Giri Prawiyogi (Unknown)
Andri Purwanugraha (STKIP Subang)
Ghulam Fakhry (SDIT Cendekia Purwakarta)
Marwan Firmansyah (SDIT Cendekia Purwakarta)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Sejak Bulan Maret 2020 seluruh satuan pendidikan di Indonesia memberlakukan program Belajar di Rumah, atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), tepatnya sejak corona virus disease atau Covid-19 dinyatakan masuk ke Indonesia. Bupati beserta Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta dengan sigap memberikan perintah untuk semua peserta didik untuk belajar di rumah dan memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh mulai pada tanggal 16 Maret 2020 – 29 Mei 2020. PJJ tersebut diberlakukan dalam rangka menghambat penyebaran Virus Covid-19 agar tidak tersebar keseluruh Masyarakat di Purwakarta. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keefektifan Pembelajaran Jarak Jauh bagi para Siswa SDIT Cendekia Purwakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan rancangan kualitatif deskriptif (studi kasus). Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner secara online menggunakan google form. Pembelajaran jarak jauh dengan beberapa metode cukup efektif untuk dilakukan. Hal tersebut bisa dilihat dari hasil kuisioner yang diberikan kepada responden dari 6 pertanyaan yang diajukan hampir semua rata-rata responden mendukung dan menilai bahwa pembelajaran jarak jauh efektif dilakukan terhadap siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

1. online writing conceptual notions 2. studies and application of theories 3. practitioners writing and research results and teaching in the field of knowledge elementary ...