Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 11 No 02 (2020): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar

PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19: PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHANAN KONSEP FISIKA MAHASISWA

Bramianto Setiawan (Universitas PGRI Adi Buana)
Triman Juniarso (Universitas PGRI Adi Buana)
Achmad Fanani (Universitas PGRI Adi Buana)
Vina Iasha (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2021

Abstract

Indonesia merupakan negara yang terkena dampak pademik viruscorona sehingga untuk memutuskan rantai penularan khususnya pada bidang pendidikan pembelajaran dilakukan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan aplikasi Whatsapp dan Moodle terhadap pemahaman fisika dalam pembelajaran online di masa pandemic viruscorona. Metode penelitian komparasi deskriptif dengan 2 buah kelas yakni kelas A dan kelas B yang menggunakan aplikasi Moodle dan Whatsapp digunakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah adalah 70 mahasiswa tahun pertama Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya yang terdiri atas 34 mahasiswa kelas A dan 35 mahasiswa kelas B. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes individu dengan soal pilihan ganda sebanyak 30 soal. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa penggunaan moodle dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika mahasiswa Pendidikan guru sekolah dasar, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

1. online writing conceptual notions 2. studies and application of theories 3. practitioners writing and research results and teaching in the field of knowledge elementary ...