Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 13 No 01 (2022): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar

ANALISIS KUALITAS PENGAJARAN GURU SEKOLAH DASAR BERDASARKAN PERSPEKTIF SISWA DALAM STUDI KASUS SD KRISTEN MAKEDONIA NGABANG

MARIA APRILINE HEGA TAREZE (Unknown)
Meisakh Nur Anugrah (Universitas Tanjungpura, Pontianak)
Afandi (Universitas Tanjungpura, Pontianak)
Indri Astuti (Universitas Tanjungpura, Pontianak)



Article Info

Publish Date
27 May 2022

Abstract

Proses belajar formal merupakan proses yang melibatkan banyak faktor dalam penentuan hasil terbaik dari proses yang dilakukan. Kualitas pembelajaran merupakan faktor yang menentukan dari proses belajar mengajar yang optimal sehingga perlu di pertimbangkan oleh semua guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi kualitas pembelajaran pada guru sekolah dasar di SD Kristen Makedonia berdasarkan hasil persepsi siswa. Sampel sebanyak 34 orang siswa di SD Kristen Makedonia menyelasikan survei menggunakan angket. Pengambilan yang menyangkut perspektif oleh para siswa ini di lingkupi oleh 5 indikator yaitu Iklim Kelas, Managemen kelas, Instruksi pembelajaran, tantangan pembelajaran, dan tujuan pembelajaran. Perspektif para siswa ini merupakan salah satu cara efisien karena pandangan mereka berdasarkan pengalaman yang mereka dapatkan saat berinteraksi dengan objek setiap harinya. Selain itu dengan dilakukannya evaluasi secara rutin, maka kualitas pembelajaran juga akan tetap terjaga sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan. Temuan dari penelitian ini menunjukan kualitas pembelajaran di SD Kristen Makedonia sudah berjalan dengan sangat baik (mean = 88,13).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

1. online writing conceptual notions 2. studies and application of theories 3. practitioners writing and research results and teaching in the field of knowledge elementary ...