Proses belajar formal merupakan proses yang melibatkan banyak faktor dalam penentuan hasil terbaik dari proses yang dilakukan. Kualitas pembelajaran merupakan faktor yang menentukan dari proses belajar mengajar yang optimal sehingga perlu di pertimbangkan oleh semua guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi kualitas pembelajaran pada guru sekolah dasar di SD Kristen Makedonia berdasarkan hasil persepsi siswa. Sampel sebanyak 34 orang siswa di SD Kristen Makedonia menyelasikan survei menggunakan angket. Pengambilan yang menyangkut perspektif oleh para siswa ini di lingkupi oleh 5 indikator yaitu Iklim Kelas, Managemen kelas, Instruksi pembelajaran, tantangan pembelajaran, dan tujuan pembelajaran. Perspektif para siswa ini merupakan salah satu cara efisien karena pandangan mereka berdasarkan pengalaman yang mereka dapatkan saat berinteraksi dengan objek setiap harinya. Selain itu dengan dilakukannya evaluasi secara rutin, maka kualitas pembelajaran juga akan tetap terjaga sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan. Temuan dari penelitian ini menunjukan kualitas pembelajaran di SD Kristen Makedonia sudah berjalan dengan sangat baik (mean = 88,13).
Copyrights © 2022