Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 13 No 01 (2022): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar

MEDIA FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN TARI DI SEKOLAH DASAR

Nabilla Nur Kasih Kusuma Putri (Unknown)
Warih Handayaningrum (Universitas Negeri Surbaya)
Trisakti (Universitas Negeri Surbaya)
Setyo Yanuartuti (Universitas Negeri Surbaya)
Indar Sabri (Universitas Negeri Surbaya)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2022

Abstract

Pendidikan bertanggung jawab untuk memadukan, membina dan memupuk dalam mengembangkan bakat dan kemampuan kreatifitas peserta didik. Bagaimana peran guru dalam menumbuhkan kreatifitas anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media Flash Card untuk menumbuhkan kreatifitas anak dalam pembelajaran seni tari di sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini guru melakukan perubahan terkait proses pembelajaran dalam fokus teori pembelajaran behavioristik, metode pembelajaran dan media Flash Card guna menumbuhkembangkan kreatifitas menari anak. Dengan menggunakan teori dari Wallas melalui tahapan persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi dapat mengubah anak menjadi pribadi yang aktif dan kreatif. Media Flash Card merupakan hasil inovasi guru dalam mengubah sebuah proses pembelajaran. Media ini dapat memunculkan kreativitas dan ke aktifan anak dalam berekspresi kedalam bentuki sebuah gerakan sehingga anak dapat lebih aktif dan berkreasi dari melihat gambar ke bentuk gerak tarian. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi bahan referensi atau pengembangan untuk penelitian selanjutnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

1. online writing conceptual notions 2. studies and application of theories 3. practitioners writing and research results and teaching in the field of knowledge elementary ...