Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 13 No. 01 (2022): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK DENGAN METODE YANG BERVARIATIF DAN MODEL TIRUAN DI SEKOLAH DASAR

Fauziah, Lely (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2022

Abstract

Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa dengan menggunakan metode yang bervariatif melalui alat peraga yang berupa gambar dan model tiruan. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Cipinang Besar Utara 11 PG. Jumlah siswa kelas V SD Cipinang Besar Utara 11 PG berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penggunaan media gambar dan model tiruan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan bukti :1). Pra Siklus mencapai nilai rata- rata 58.00 2). Siklus I mencapai nilai rata-rata 80,00. 3). Siklus II mencapai nilai rata-rata 90,80. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pada proses perbaikan pembelajaran 2 TEMA 5 Sub tema 1 dari siklus I maupun siklus II pada mata pelajaran IPA dengan kompetensi dasar ”Mendeskripsikan hubungan gaya, gerak, dan energi serta fungsinya”. dalam materi Klasifikasi hewan berdasarkan jenis makanannya dengan fokus perbaikan bahwa dengan media gambar dan model tiruan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

1. online writing conceptual notions 2. studies and application of theories 3. practitioners writing and research results and teaching in the field of knowledge elementary ...