Lambda: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA dan Aplikasinya
Vol. 2 No. 1 (2022): April

Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Kimia di Kelas XI IPA SMAN 1 Pringgasela

Eni Kurniawati Baroroh (SMAN 1 Pringgasela)
Kholida Ismatulloh (Prodi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Hamzanwadi,)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengaruh metode diskusi kelompok pada mata pelajaran asam basa untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Pringgasela " bertujuan untukmengetahui sebagaimana pengaruh siswa- siswi dalam memahami konsep pembelajaran kimia mengenai asam basa di dalam kelas. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA di SMAN 1 Pringgasela yaitu kelas XI IPA 2 dan kelas XI IPA 3, dengan proses pengambilan data menggunakan tes tertulis sebanyak 10 butir soal uraian. Nilai rata- rata yang diperoleh di kelas eksperimen sebesar 77,93 sedangkan kelas kontrol sebesar 55.53 dengan selisih perbendingan sebesar 22 poin. Untuk nilai hipotesis = 3,042 sedangkan = 1,081 dari hasil perhitungan uji hipotesis hasil belajar kimia pada mata pelajaran asam basa peserta didik kelas XI IPA didapatkan nilai > , maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran diskusi kelompok pada mata pelajaran kimia asam basa di kelasa XI IPA SMAN 1 Pringgasela.Penelitian yang berjudul “Pengaruh metode diskusi kelompok pada mata pelajaran asam basa untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Pringgasela " bertujuan untukmengetahui sebagaimana pengaruh siswa- siswi dalam memahami konsep pembelajaran kimia mengenai asam basa di dalam kelas. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA di SMAN 1 Pringgasela yaitu kelas XI IPA 2 dan kelas XI IPA 3, dengan proses pengambilan data menggunakan tes tertulis sebanyak 10 butir soal uraian. Nilai rata- rata yang diperoleh di kelas eksperimen sebesar 77,93 sedangkan kelas kontrol sebesar 55.53 dengan selisih perbendingan sebesar 22 poin. Untuk nilai hipotesis = 3,042 sedangkan = 1,081 dari hasil perhitungan uji hipotesis hasil belajar kimia pada mata pelajaran asam basa peserta didik kelas XI IPA didapatkan nilai > , maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran diskusi kelompok pada mata pelajaran kimia asam basa di kelasa XI IPA SMAN 1 Pringgasela.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

lambda

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Mathematics Physics Public Health Other

Description

Lambda adalah Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA dan Aplikasinya yang diterbitkan oleh Lembaga Bale Literasi. Terbit tiga kali setahun yakni setiap bulan April, Agustus dan Desember. Focus & Scope : Education Assessment and Evaluation Curriculum Development Distance Learning Higher-Order Thinking ...