Paradigma : Journal of Science, Religion and Culture Studies
Vol 16 No 1 (2015): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya

KAPABILITAS ORGANISASI SEKOLAH DALAM MELULUSKAN SISWA : Kasus Kelulusan UN di sekolah “SMA Mahanaim Bekasi”

Joko Pramono (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2015

Abstract

Sekolah dengan fasilitas yang banyak seperti Bekas sekolah unggulan seringkali prestasinya dalam kelulusan di UN tidak sebaik sekolah biasa, padahal fasilitas yang ada di sekolah tersebut dapat dikatakan cukup. Ini berarti ada factor lain yang dapat mempengaruhi kinerja organisasi ini. Salah satu faktornya adalah tingkat sinergisme yang ada pada organisasi tersebut, sehingga kapabilitas organisasinya tidak optimal. Penelitian ini dilakukan dengan metoda studi kasus, pola sinergisme pada SMA “Mahanaim”. Hasil penelitian menyebutkan bahwa di SMA Mahanaim Fasilitas sekolahnya dapat dikatakan lengkap, tetapi kualitas gurunya dapat dikatakan biasa saja (umumnya dari S1 pendidikan atau umum), para guru gtersebut digaji tidak terlalu tinggi, bahkan pernah juga gaji diberikan tidak tepat waktu. Guru diberikan tugas untuk mendidikan murid sebaik mungkin sehingga kualitas pendidikannya baik. Walaupun guru diupah secukupnya saja tetapi semangat kerja mereka tetap tinggi, hal ini didorong oleh semangan spiritualisme (melayani tuhan). Dusarankan supaya setiap organisasi merumuskan faktir utama yang mampu membangkitkan motovasi kerja dan kemudian menyusun struiktur organisasi yang sesuai sehingga kapabilitas organisasinya baik

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Paradigma Journal is a journal that contains scientific studies on Science, Religion and Culture, presenting scientific articles, both research results and literature reviews. The Scope of Paradigma Journal Scientific Studies on Science : an interdisciplinary research area that seeks to situate ...