Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru madrasah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, yang menekankan pada pengujian teori melalui pengukuran variabel penelitian dengan angka dan memerlukan analisis data dengan prosedur statistik. Penelitian ini dilakukan melalui kuesioner yang di bagikan kepada guru Madrasah di Kabupaten Maros yang diklasifikasikan didasarkan pada jenis kelamin, usia dan pendidikan terakhir. Pengaruh langsung kemampuan (X1) dan motivasi kerja (Y1) terhadap kinerja guru (Y2), untuk mengetahui nilai dari pengaruh langsung kemampuan terhadap kinerja guru dapat dilihat dari nilai koefisien yaitu sebesar 0,135 dan bernilai positif. Adapun tingkat probabilitas signifikansinya (P-Value) = 0,023 < 0,050. Dengan demikian kemampuan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru Madrasah di Kabupaten Maros.
Copyrights © 2022