Gemilang: Jurnal Manajemen dan Akuntansi
Vol. 2 No. 4 (2022): Jurnal Manajemen dan Akuntansi

Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Belajar berpengarahu terhadap tingkat pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Akuntansi Di STIES

Eliana Eliana (Unknown)
Nurhayati Nurhayati (Unknown)
Indra Kesuma (Unknown)
Farah Ivana (Unknown)
Dini Hasprilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan perilaku belajar berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa jurusan akuntansi di STIES. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa S1 Akuntansi yang aktif pada angkatan 2017-2020 dengan jumlah keseluruhan 321 Orang, dengan sampel yang terpilih adalah 77 orang mahasiswa, dengan menggunakan metode purposive sampling. pengolahan data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Penelitian ini menggunakan metode survei yang menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada Responden. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa (1) kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi (2) kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi (3) perilaku belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi (4) pengujian simultan menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan perilaku belajar berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi, dengan nilai Fhitung = 25,415 dimana Ftabel = 3,12.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gemilang

Publisher

Subject

Humanities

Description

berfokus pada penerbitan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek penelitian, masalah, dan perkembangan terbaru di bidang Ilmu Manajemen. Topik dalam Jurnal ini berkaitan dengan aspek apapun dari manajemen, namun tidak terbatas pada topik berikut : Manajemen Sumberdaya Manusia ...