Pustaka: Jurnal Bahasa dan Pendidikan
Vol. 2 No. 4 (2022): Oktober : Jurnal Bahasa dan Pendidikan

Analisis Kesadaran Metakognisi dan Strategi Belajar Calon Guru Biologi Dalam Menyusun Mini Riset

Nisa Rasyida (UIN Walisongo Semarang)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kesadaran metakognisi dan strategi belajar mahasiswa calon guru biologi dalam menyusun mini riset. Melalui lembar inventori MAI (Metacognitive Awarness Inventory) kemampuan metakognitif dan strategi belajar calon guru biologi dikumpulkan dan dianalisis datanya secara deskriptif. Populasi penelitian survei ini adalah mahasiswa yang masih aktif mengikuti perkuliahan tahun ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling sebanyak 108 orang mahasiswa prodi pendidikan biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan metakognitif calon guru biologi berada dalam kategori cukup dengan rata-rata 73,8. Tingkatan kemampuan metakognitif ini didasarkan pada kriteria dan penggolongannya mengadaptasi Schraw & Dennison, (Stewart et al., 2007: 34-35), ialah (untuk dewasa): buruk (≤50), kurang (51-69), cukup (70-79), dan baik (≥80). Strategi belajar perlu ditingkatkan lagi dengan melatih kemampuan metakognitif mahasiswa calon guru biologi.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pustaka

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS. Jurnal ini adalah Jurnal Bahasa dan Pendidikan yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang kajian dalam jurnal ini termasuk linguistik, sastra, filsafat, psikologi, hukum, pendidikan, sosial ...