Pustaka: Jurnal Bahasa dan Pendidikan
Vol. 2 No. 4 (2022): Oktober : Jurnal Bahasa dan Pendidikan

ANALISIS HEGEMONI NOVEL SANG KERIS KARYA PANJI SUKMA

Safira Wardani Pane (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Winarti Winarti (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kajian hegemoni yang terdapat dalam novel Sang Keris karya Panji Sukma. Sumber data dalam penelitian ini adalah keseluruhan isi novel Sang Keris karya Panji Sukma yang diterbitkan di Pt Gramedia Pustaka Utama, pada tahun 2020. Adapun data penelitian ini berupa kata, kalimat, dan dialog yang terdapat dalam karya sastra. Dalam novel Sang Keris karya Panji Sukma dengan menggunakan teori hegemoni dalam novel tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan cara pengumpulan data, mendeskripsikan data, dan menganalisis data dalam novel Sang Keris karya Panji Sukma. Variabel yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah bentuk hegemoni kekuasaan dalam konteks budaya/kebudayaan, ideologi, kaum intelektual dan negara, dalam novel Sang Keris karya Panji Sukma. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dari sumber data penelitian adalah pedoman dokumentasi. Teknik analisis data diawali dengan mengumpulkan data kemudian meringkas, dan memilih yang pokok berhubungan dengan hegemoni, setelah data terkumpul akan dipaparkan di dalam pembahasan, ditarik simpulan dan menjadi hasil penelitian. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa beberapa kalimat yang muncul dalam novel memiliki unsur bentuk hegemoni dalam konteks budaya/kebudayaan, ideologi, kaum intelektual, dan negara.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pustaka

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS. Jurnal ini adalah Jurnal Bahasa dan Pendidikan yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang kajian dalam jurnal ini termasuk linguistik, sastra, filsafat, psikologi, hukum, pendidikan, sosial ...