Murabby: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 2, No 1 (2019): Murabby Vol. 2 No. 1 April 2019

Soft Skills Guru Pendidikan Agama Islam di Tingkat Sekolah Menengah Pertama Kota Pekanbaru ( Studi Kasus Di SMPN 4 Pekanbaru)

Yuliharti Yuliharti (UIN Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2019

Abstract

Saat ini guru umumnya terfokus pada pembinaan dan peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional atau dikenal dengan istilah hard skill dan jarang yang beroreantasi pada peningkatan soft skills. Padahal, hasil riset dan survey menunjukkan bahwa soft skills jauh lebih penting. Perbandingan antara soft skill dan hard skill bisa mencapai 80%:20% dalam pencapaian keberhasilan seorang termasuk guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran soft skills guru Pendidikan Agama Islam dengan kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Pekanbaru dan upaya pengembangannya. Dengan menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan datanya melalui observasi dan wawancara, serta teknik analisa datanya menggunakan Miles dan Hubermen teknik, maka penelitian ini menemukan bahwa soft skills guru PAI di SMPN 4 Pekanbaru termasuk kategori baik dan mereka telah berupaya untuk mengembangkan soft skills-nya dengan cara meningkatkan intrapersonal dan interpersonal skillnya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

murabby

Publisher

Subject

Education

Description

Murabby Jurnal Pendidikan Islam, a peer reviewed journal, is an interdisciplinary publication of original research and writing on education. The journal aims to provide a forum for scholarly understanding of the field of education and plays an important role in promoting the process that accumulated ...