Murabby: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 3, No 1 (2020): Murabby Vol. 3 No. 1 April 2020

MANAJEMEN PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

Ulfa Hutayani (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Syafruddin Nurdin (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
H Hasnawati (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2020

Abstract

:Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Untuk mendiskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan pendidik mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup  pada saat melaksanakan proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam.Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kuantitatif. Populasi yang dingunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII yang berjumlah 30 peserta didik. Tehnik pengumpulan data yang dingunakan adalah angket dan pedoman observasi. Tehnik analisis data menggunakan rumus Deskriftip Presentase. Hasil penelitian: manajemen pembelajaran yang  dilakukan oleh pendidik pelaksanaannya cukup efektif. Pendidik sebelum malaksanakan pembelajaran terlebih dahulu membuat RPP, RPP yang dibua berpatokan kepada kurikulum 2013. Pada pelaksanaan pembelajaran ini peneliti terfokus kepada tiga tahap: kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Dan dari hasil presentase analisi angket yang didapatkan pada kegiatan pendahuluan dengan nilai 52,4 pelaksanaannya cukup efektif. Hasil presentase dari kegiatan inti pembelajaran dengan nilai 52,3 pelaksanaannya cukup efektif. Pada kegiatan penutup pembelajaran nilai presentasenya 58,6 yang termasuk dalam klasifikasicukup efektif dalam pelaksanaannya. Maka dapat disimpulkan kegiatan  pembelajaran dalam proses belajara mengajar pelaksanaannya sudah cukup efektif. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

murabby

Publisher

Subject

Education

Description

Murabby Jurnal Pendidikan Islam, a peer reviewed journal, is an interdisciplinary publication of original research and writing on education. The journal aims to provide a forum for scholarly understanding of the field of education and plays an important role in promoting the process that accumulated ...