ABHATS: Jurnal Islam Ulil Albab
Vol. 3 No. 1 (2022): Oktober 2022

Pengembangan Bisnis Berbasis Syariah: Studi Empiris Pada Entrepreneur Muda

Charisma Jalil Indranata Indranata (Departemen Ekonomi Islam, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia)
Junaidi Safitri. S.E.I, M.E.I (Universitas Islam Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2022

Abstract

Syariah merupakan gaya hidup yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena memiliki penduduk mayoritas muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mengembangkan bisnis syariah di kalangan generasi muda khususnya mahasiswa. Ada tiga faktor yang dianalisis dalam penelitian ini, yaitu ekspektasi pendapatan, lingkungan keluarga, dan pendidikan kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berbasis kausal komparatif dan analisis yang dilakukan pada seluruh populasi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Islam Indonesia angkatan 2016 dan 2017 sebanyak 101 mahasiswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner atau kuesioner yang diberikan kepada seluruh populasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ekspektasi Penghasilan berpengaruh positif terhadap Minat Bisnis Syariah. Begitu juga dengan lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap minat bisnis syariah. Sedangkan Pendidikan Kewirausahaansan berpengaruh terhadap Minat Bisnis Syariah dan secara simultan Ekspektasi Penghasilan, Lingkungan Keluarga, dan Pendidikan Kewirausahaan berpengaruh terhadap Keputusan Bisnis Syariah.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

abhats

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

ABHATS: Jurnal Islam Ulil Albab merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun oleh Direktorat Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia. Jurnal ini berfokus pada kajian epistemologi keilmuan sebagai upaya membangun konsep integrasi ilmu pengetahuan. Dengan berlandaskan visi, ...