Data Sciences Indonesia (DSI)
Vol. 1 No. 1 (2021): Article Research Volume 1 Issue 1, June 2021

Pendekatan Data Science untuk Menemukan Churn Pelanggan pada Sector Perbankan dengan Machine Learning

Amir Mahmud Husein (Universitas Prima Indonesia, Indonesia)
Mawaddah Harahap (Universitas Prima Indonesia, Indonesia)
Peter Fernandito (Universitas Prima Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2021

Abstract

Peralihan pelanggan merupakan fenomena dimana pelanggan perusahaan berhenti membeli atau berinteraksi sehingga sangat penting bagi perusahaan khususnya perbankan untuk memprediksi kemungkinan churn pelanggan dan hasilnya dapat digunakan untuk membantu retensi pelanggan dan bagian dari strategi perusahaan. Makalah ini menyajikan analisis dan prediksi churn pelanggan dengan menggunakan lima model berbeda yaitu Kneighbors Classifier, Logistic Regression, Linear SVC, Random Tree Classifier dan Random Forest Classifier. Berdasarkan hasil pengujian pendekatan model Random Forest Classifier dan Kneighbors Classifier lebih baik dari pada model lain dengan akurasi sebesar 86% dan 84%. Rekayasa fitur dengan pendekatan Anova dan Chi Square memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kinerja model prediksi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dsi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Physics

Description

Data Sciences Indonesia (DSI) adalah jurnal yang memuat hasil penelitian atau kajian ilmu di bidang Ilmu komputer dengan mengambil ranah Data Sciende dan pendukung keilmuan tersebut. Data Sciences Indonesia (DSI) terbit setiap dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Data Sciences ...