Data Sciences Indonesia (DSI)
Vol. 1 No. 1 (2021): Article Research Volume 1 Issue 1, June 2021

Analisis Prediktif untuk Keputusan Bisnis : Peramalan Penjualan

Amir Mahmud Husein (Universitas Prima Indonesia, Indonesia)
Fachrul Rozi Lubis (Universitas Harapan Medan, Indonesia)
Muhammad Khoiruddin Harahap (Politeknik Ganesha Medan)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2021

Abstract

Peramalan penjualan produk adalah aspek utama dari manajemen pembelian, persediaan yang melebihi permintaan atau kekurangan akan berdampak pada manajemen pelayanan maupun secara ekominis. Makalah ini fokus mencoba menyajikan penerapan analisis prediktif dengan mengadopsi kerangka kerja Data Science (ilmu data) untuk menemukan wawasan yang berguna dalam pengambilan keputusan bisnis khususnya tentang peramalan penjualan produk di masa depan. Kerangka CRISP-DM diusulkan dengan tahapan pemahasan bisnis, pemahaman dan persiapan data, exploratory data analysis (EDA) dan pemodelan. Berdasarkan hasil pengujian data penjualan yang dievaluasi berdasarkan RMSE dan MAE, algoritma XGBoost menghasilkan prediksi berada dalam 1,3% kemudian ARIMA sebesar 1.6%, masih lebih baik dibandingkan LinearRegression, RandomForestdan LSTM dengan tingkat kesalahan sebesar 1.81%, 1.97%, 2.21% pada masing-masing algoritma dari data aktual.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dsi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Physics

Description

Data Sciences Indonesia (DSI) adalah jurnal yang memuat hasil penelitian atau kajian ilmu di bidang Ilmu komputer dengan mengambil ranah Data Sciende dan pendukung keilmuan tersebut. Data Sciences Indonesia (DSI) terbit setiap dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Data Sciences ...