Educational Journal of Islamic Management (EJIM)
Vol. 1 No. 1 (2021): Artikel Volume 1 Nomor 1, Mei 2021

Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan Akhlak bagi Anak Usia Dini Perspektif Perenialisme

Dera Puspawati (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2021

Abstract

Tujuan dalam tulisan ini untuk mengetahui bagaimana pemikiran Al-Ghazali tentang pendidikan akhlak bagi anak usia dini perspektif perenialisme. Tulisan ini dapat membantu pendidik atau guru mengajarkan pendidikan akhlak pada anak usia dini, menggunakan perspektif filsafat perenialisme sebagai hal yang penting dalam perkembangan akhlak pada anak. Dalam pandangan filsafat perenialisme menunjukkan pendidikan adalah untuk membantu anak dalam memperoleh atau mendapatkan ilmu yang sebenarnya. Aliran perenialisme ini menilai bahwa kebenaran itu bersifat universal dan konstan. Maka jalan untuk menuju hal tersebut adalah melatih intelek dan disiplin mental anak. Dengan pemberian materi sesuai dengan pendidikan akhlak yang ingin dicapai. Tujuan pendidikan tersebut terurai dalam format pemikiran Al-Ghazali yang berpusat pada materi dan mengutamakan disiplin ilmu keagamaan. Metode pengajaran pemikiran Al-Ghazali perenialisme ini memusatkan kepada guru sebagai pusat pembelajaran yang memberikan ilmu pengetahuan yang memiliki kedekat dengan anak, serta bisa memberikan materi sesuai dengan materi akhlak yang ada di pemikiran Al-Ghazali.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ejim

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

Educational Journal of Islamic Management (EJIM) adalah jurnal berkala ilmiah yang mengkhususkan pada pengkajian ilmu manajemen pendidikan Islam. Jurnal ini mencakup artikel penelitian, maupun review artikel atau buku. Redaksi menyambut baik kontribusi artikel dari ilmuan, cendekiawan, profesional ...