Educational Journal of Islamic Management (EJIM)
Vol. 1 No. 2 (2021): Vol. 1 No. 2 (2021): Artikel Volume 1 Nomor 2, November 2021

Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan

Mudatsir Mudatsir (UNM Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Tujuan dalam tulisan ini untuk mengetahui kemampuan kepala sekolah mengimplementasikan visi dan misi dalam meningkatkan mutu lulusan, mengetahui kemampuan kepala sekolah memberikan dorongan yang menginspirasi dalam meningkatkan mutu lulusan, mengetahui kemampuan kepala sekolah mengembangkan ide kreatif dalam meningkatkan mutu lulusan, dan mengetahui kemampuan kepala sekolah memberikan perhatian individu dalam meningkatkan mutu lulusan di SMA Islam Athirah 1 Kajaolalido dan SMA Negeri 2 Makassar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multi situs. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data individu dan analisis lintas situs. Pengecekkan keabsahan data dengan credibility, transferability, dependability dan confirmability. Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan kepala sekolah mengimplementasikan visi dan misi dalam meningkatkan mutu lulusan pada aspek idealized influence sangat tinggi dalam aspek perumusan visi dan misi sekolah dengan kesepakatan bersama yang melibatkan semua stakeholder sekolah serta mengevaluasi kelebihan dan kelemahan lembaga. (2) Kemampuan kepala sekolah memberikan dorongan yang menginspirasi dalam meningkatkan mutu lulusan pada aspek Inspirational Motivation sangat tinggi dalam menginspirasi yang membangkitkan rasa percaya diri bawahan. (3) Kemampuan kepala sekolah mengembangkan ide kreatif dalam meningkatkan mutu lulusan pada aspek Intelectual Stimulation untuk berinovasi dengan metode pembelajaran maupun pengelolaan kelas. (4) Kemampuan kepala sekolah memberikan perhatian individu dalam meningkatkan mutu pada aspek Individual Consideration dalam pemberian reward kepada siswa dan guru berprestasi melalui tolok ukur KPI (Key Performance Indicator).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ejim

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

Educational Journal of Islamic Management (EJIM) adalah jurnal berkala ilmiah yang mengkhususkan pada pengkajian ilmu manajemen pendidikan Islam. Jurnal ini mencakup artikel penelitian, maupun review artikel atau buku. Redaksi menyambut baik kontribusi artikel dari ilmuan, cendekiawan, profesional ...