Smart Society Empowerment Journal
Vol 2, No 1 (2022): Smart Society Empowerment Journal

Pendampingan Program Edukasi Literasi Keuangan berbasis Pretend Play bagi Guru dan Orang Tua: Upaya Meningkatkan Gemar Menabung Anak Usia Dini

Fadjri Kirana Anggarani (Program Studi Psikologi, FK UNS)
Pratista Arya Satwika (Program Studi Psikologi, FK UNS)
Rini Setyowati (Program Studi Psikologi, FK UNS)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2022

Abstract

Pendahuluan: Tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia yang masih tergolong rendah membuat peningkatan literasi keuangan perlu dimiliki oleh warga negara. Hal ini juga khususnya pada anak anak, karena perilaku konsumtif ini mulai ditiru oleh anak-anak seiring semakin banyaknya iklan di TV dan media sosial. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan pendampingan literasi keuangan kepada anak usia dini dengan menggunakan metode pretend play yang sangat sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini agar meningkatkan perilaku gemar menabung.Metode: Kegiatan ini dilakukan dengan metode pendampingan dan sosialisasi serta grand launching buku dan media literasi keuangan kepada 50 peserta yang terdiri dari guru dan orang tua murid TK.Hasil dan pembahasan: Acara berjalan dengan lancar dan penuh dengan apresiasi dari para peserta yang hadir. Konteks bermain membuat anak menjadi senang dalam kegiatan belajar yang nantinya akan berdampak pada peningkatan minat belajar anak. Maka, dengan meningkatnya minat belajar anak diharapkan munculnya inisiatif anak tersebut dalam melakukan kegiatan yang berkaitan dengan apa yang sedang dipelajari. Kesimpulan: Guru dan orang tua juga mampu memahami betapa pentingnya literasi keuangan bagi anak usia dini serta mengetahui metode pembelajaran pretend play dalam mengajarkan literasi keuangan kepada anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sse

Publisher

Subject

Humanities Health Professions Public Health Other

Description

Smart Society Empowerment Journal is a peer-reviewed and open access journal focusing on educative, promotive,preventive, and community empowerment activities in the health sector. This journal publishes original articles and reviews. This journal is published at least three times a ...